BSD DAN FLUSH DNS

Bulan ini P2TK telah mengeluarkan aplikasi Backup Syincron Dapodik (BSD). 
Tujuan BSD itu sendiri adalah untuk mempermudah syincron Isi Aplikasi Dapodik yang berupa data Sekolah, Guru, dan Data Murid serta data Sarana dan prasarana yang ada di Sekolah. 
Namun dari semua pengguna pun tak luput dari beberapa permasalahan, diantaranya adalah, Gagal syincron yang disebabkan berbagai hal. diantaranya ;
a. Gagal syincron karena pengiriman di batasi hanya 1 kali dalam sehari
b. Gagal Syincron karena not responding pada aplikasi
c. Gagal Syincron dikarenakan memang terjadi dari faktor yang ada pada pc/laptop mungkin karena cace

Disini saya akan mencoba menguraikan Point C. Karena sebenarnya saya tidak punya hak untuk menguraikan semuanya, tapi paling tidak semoga bisa membantu sahabat/bapak/ibu Operator sekolah dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan Perangkat Keras yang di pake. 
Lalu.... apa hubunganya dengan FLUSH DNS...? mengapa malah bahas permasalahan Dapodik/BSD..?
Begini, Permasalahan yang di Point C ataupun B sebenarnya bisa diatasi dengan cara Uninstal Aplikasi BSD yang telah di instalkan pada Lepi / compi......! Namun sebaiknya setelah anda Uninstal Aplikasi BSD, maka hal yang di lakukan adalah FLUSH DNS. Sebelum melakukan FLUSH DNS mari kita bahas dulu apa sih FLUSH DNS......! 

>>FUNGSI FLUSH DNS
Fungsinya untuk melakukan perubahan pada komputer/jaringan yang sedang di gunakan agar dapat menyesuaikan informasi perubahan- perubahan yang terjadi pada suatu domain, DNS, Website, Name Server yang belum terlihat record data terbarunya misal IP,cace setelah adanya perubahan atau perpindahan record data. Walaupun di browser sudah mencoba refresh browser berkali kali, tetapi datanya masih sama aja. 
Pergantian DNS dilakukan pada suatu domain yang sudah expired ataupun ada perubahan tempat hosting hingga DNS Domain telah menggunakan DNS Default dari registrasi Tempat daftar sebelumnya. Sedangkan Untuk meresolve suatu domain sendiri memerlukan waktu 24 -72 Jam, tapi apabila di jaringan atau di komputer Anda masih terlihat data seperti sebelumya maka flush DNS wajib dilakukan. sumber
 SELAIN DENGAN FLUSHDNS BISA DI COBA JUGA DENGAN APLIKASI CCLEANER
Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan pada proses flush DNS pada OS windows 7
>> Klik Star atau windowa R
>> Ketik cmd pada kolom seperti di gambar kemudian Enter

>> Maka akan muncul lah jendela CMD SEPERTI PADA GAMBAR.



>> Ketik Setelah nama PC/Laptop anda dengan   ipconfig/flushdns. gb di bawah ini


>> Kemudian  ENTER

>> Maka akan akan seperti di bawah ini


Nah... kalo sudah seperti gambar di atas ber arti anda telah berhasil melakukan FLUSH DNS. Mudah bukan.....? Yakinlah selagi Kita semangat, maka tidak mungkin kita tidak bisa.
Mungkin selanjutnya anda bisa melakukan Instal Kembali Aplikasi BSD... ingat pakai dan pergunakan serta Instal Aplikasi BSD terbaru, mngkin bisa dounload di web resminya http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. atau kalo ribet anda juga bisa lihat pada Tab Menu Drop Down pada Blog ini bagian. Aplikasiitulah yang saya pakai dan alhamdulillah lancar.....!

Demikian saja Postingan saya, semoga bisa membantu kesulitan kita semua. Kalo ada yang salah dan tidak berkenan.... maafin yaaahhhhhh....!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "BSD DAN FLUSH DNS"

  1. I like it whenever people come together and share thoughts.
    Great website, stick with it!

    Here is my web page - magento themes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your visit! sorry my bad blog. I hope you are not bored to visit again

      Delete

[-] Silahkan Coment dengan Baik dan Sopan
[-] Maaf Link Aktif pada kolom komentar akan otomatis terganti dengan link www.wondhoez.web.id
[-] Coment berbau sara akan kami hapus
[-] Segala macam Promo dan Transaksi yang ada di Kolom Komentar Bukan Tanggung Jawab Kami

Terimakasih.