SIAPAKAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH? post 1

NAMA-NAMA AHLUS SUNNAH YANG SYAR'I

Menurut Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah خفظه الله 
Ketika muncul berbagai kelompok bid'ah dan kesesatan, masing-masing menyeru kepada kelompoknya -dalam keadaan mereka menisbatkan diri kepada Islam secara zhahir-Maka ahlul haq, para pengikut jalan Rasulullah صلي الله عليه وسلم dan para sahabat, perlu memiliki nama-nama yang membedakan mereka dari kelompok-kelompok sesat ini. Sehingga muncullah saat itu nama-nama Ahlus Sunnah yang syar'i yang bersumber dan Islam.

Di antara nama-nama mereka adalah: Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Firqatun Najiyah, Tha'ifah Manshurah, dan Salaf.

Nama-nama ini tidak bertentangan dengan pembahasan di atas, bahwasanya Ahlus Sunnah tidak memiliki nama atau julukan selain Islam dan dilalahnya, karena nama-nama ini termasuk dilalah Islam.

Nama-nama Ahlus Sunnah ini sebagian darinya tsabit dengan nash dari Rasulullah صلي الله عليه وسلم dan sebagian yang lainnya didapatkan oleh mereka karena pengamalan mereka terhadap Islam dengan pengamalan yang shahih. Hal ini berbeda sekali dengan nama-nama ahli bid'ah dan julukan-julukan mereka, karena nama-nama ahli bid'ah ada kalanya merujuk kepada person seperti Jahmiyah nisbat kepada Jahm bin Shafwan, Zaidiyah nisbat kepada Zaid bin Ali bin al-Husain, Kullabiyah nisbat kepada Abdullah bin Kullab, Karramiyah nisbat kepada Muhammad bin Karram, dan Asy'ariyah nisbat kepada Abul Hasan al-Asy'ari.

Ada kalanya merujuk kepada asal usul kebid'ahan mereka, seperti Rafidhah karena mereka رَفَضُوْا (menolak) Zaid bin Ali atau menolak kekhilafahan Abu Bakr dan Umar, Qadariyah karena mereka menolak qadar (taqdir), Murjiah karena mereka أَرْجَأُوْا (menangguhkan) amalan dari definisi iman, Khawarij karena mereka khuruj (keluar) dari ketaatan kepada Amirul Mukminin Ali bin Abu Thalib رضي الله عنه, dan Mu'tazilah karena mereka i'tizal (menjauhi) majelis Hasan al-Bashri رحمه الله.

Adapun dalil-dalil atas nama-nama Ahlus Sunnah maka akan kita jelaskan satu persatu:
di postingan selanjutnya.

1. Ahlus Sunnah wal Jama'ah
2. Firqatun Najiyah (Kelompok yang selamat)
3. Ath-Thaifah al-Manshurah (Kelompok yang mendapat pertolongan)
4. Salafiyun

Juga akan saya posting

  • SESEORANG TIDAK BOLEH DIKELUARKAN DARI AHLUS SUNNAH KARENA KESALAHAN DALAM IJTIHAD

dan

  • KESIMPULAN dari AHLUSUNAH

LINK SUMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SIAPAKAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH? post 1"

Post a Comment

[-] Silahkan Coment dengan Baik dan Sopan
[-] Link Aktif pada kolom komentar akan otomatis terdeteksi NO LIVE LINK.
[-] Coment berbau sara akan kami hapus

Terimakasih.