Cara verval NRG versi saya


Hai shobat, bertemu kembali dengan saya admin koboy yang kurang berpengalaman dan minim pengetahuan. Semoga kita selalu dalam lindungan allah swt amiiin.
Pada pos kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang Cara Verval NRG versi saya. 
Maaf shobat, bapak, ibu Operator atau siapa saja yang baca updatean saya ini karena disini saya beri tambahan versi saya. Disini karena saya menggunakan data awal atau sumber yang telah di pake dalam dunia pendataan dan terlah terbukti membuat PTK bisa mendapatkan haknya sebagai Guru Profesional berupa Pundi rupiah yang jumlahnya tidak sedikit. Sssssssstttt.. jangan iri yah..! heheeeee

Ok to the Point
PASTIKAN PTK YANG MAU KITA VERVAL NRG NYA SUDAH SERTIFIKASI DAN TELAH BERBINTANG KUNING
cara verval nrg
  1. Siap kan Akte dan Ijasah terakhir serta Piagam dan sertifikat, kemudian di sceen dengan forman JPG/PNG. Pergunakan Apliasi point untuk resize ijasah dan sertifikat dengan ukuran 500 pada pixel dan ukuran kolom bawah akan mengikutinya,lalu simpan / save.
  2. Buka web browser anda dan ketik kan localhost maksud saya mau buka Aplikasi dapodik dan login, buka tab bagian PTK dan UBAH. Cari pada kolom NUPTK Klik kursor tekan CTRL A pada kybord (maksud saya mau ngeblog smua nuptk), kemudian CTRL C (coppy)
  3. buka new tab pada browser dan Login Padamu
  4. Klik login PTK dan Tekan CTRL V (Paste) masukan pasword
  5. Cek bagian VERVAL Nrg kotak biru dan klik kotak merah
padamu negeri
6. Setelah di klik kolom di atas, maka kita akan di masuk ke tahap selanjutnya. Silahkan pilih bagai         mana setatus Anda atau PTK tsb, perhatikan gambar bawah ini.

  • Bila sudah sertifikasi dan sudah memiliki NRG maka biasanya AKAN TERISI OTOMATIS, tapi ada juga beberapa yang Kosong, jadi inputkan ulang Sebelum input manual di padamu masuklah tab DAPODIKDAS TAB PTK, KLIK UBAH perhatikan Bagian SERTIFIKASI dan klik CTRL+A pada NRG dan Klik ctrl+c,  kemudian masuk ke Tab Padamu, kan dh ada tuh Seperti gambar bawah, maka tinggal Klik pada kolom kosong tuh Tekan ctrl+v. Kan gak ketik Ulang tuh... heheh Maaf karena saya malas ngetik. Lagian kan yang sudah teruji kebenaranya di Dapodik karena sudah cair...!
  • Bila telah sertifikasi, tapi sampai saat ini belum memiliki NRG maka Pilih yang Kolom belum DAN LANJUTKAN..!
PADAHAL SUDAH PUNYA NRG
7. Nah ini ni yang bikin bingung, kenapa bingung..? ya karena kebanyakan kita terutama saya nih,          jujur gak faham banget tentang Jalur sertifikasi yang selama ini ada. Heeee ternyata saya baru sadar    yah kalo saya OOT.
   Sementara isikan saja dulu data yang ada misal

cara verval NRG
  • Pola Sertifikasi Disini saya Pilih yang pertama  karena memang rata rata PTK di tempat kami masa kerjanya TMT sebelum th 2006, Jadi saya pilih PSPL/PLPG (TMP awal <2006). Tapi bila ada yang diangkat diatas 200, tadinya tidak honor, sekarang sudah sertifikasi ya Pilih aja yang lain.
  • Nomer Registrasi/Sertifikat / Nomor Sertifikat Pendidik (update) dan Nomor Peserta/Nomor Induk Mahasiswa.
    Masuk pada tab Dapodikdas >>PTK>>Sertifikasi>>Klik>>CTRL+A>>CTRL+C Masuk lagi ke Padamu tab yang tadi sudah terbuka >>Klik nomor Registrasi/sertifikat>>CTRL+V.
  • Untuk LPTK Penyelenggara Sertifikasi, Bidang Studi Sertifikasi, Tanggal sertifikat di isikan manual karena berupa pilihnan yang tersedia.
  • Scaan sertifikat dan scen ijasah saat sertifikasi kita tinggal klik tombol pilih file sertifikat/ijasah yang tadi sudah kita persiapkan dan di perkecil ukuranya.
    Mudah kan.? Tutorialnya aja yang agak panjang karena semua detil saya tuliskan di sini....!
8. Bila sudah selesai segera klik Tombol Benar&Lanjut. Maka kita akan di bawa ke menu seperti           berikut :
  • Periksa kembali data yang tadi kita kerjakan terutama nomer sertifikat nomor peserta dan semuanya , dan pastikan semuanya benar, jika sudah yakin maka bisa simpan.
Cara verval NRG
9. Setelah simpan dan menunggu loading yang lumayan cepet anonim red*) maka kita kan di bawa         ke gambar seperti di bawah ini.
cara verval nrg padamu negeri
Selesai kawan... silahkan cetak  sura ajuan...! nah disini saya tidak langsung cetak dengan memakai Print, karena hehehhehe saya kerja di rumah dan miskin Printer... jadi ya PDF aja udlu, besok kalo ke kota bisa nebeng Print ke tempat kenalan atau nyewa di warnet.. hehehhe.
Nah selesailah sudah kerjaan saya, apakah sudah benar benar selesai..? ya belum tentunya karena setelah mencetak S26 kita wajib mengaktifkanya dengan membawa ke Admin Dinas dimana tempat kita bernaung... nahhh ini baru selesai..!
Sampai di sini apa ada pertanyaa...? banyak tentunya.. namun saya tidak akan banyak bahas itu karena memang semuanya serba bermasalah, dari jaringan, server/hosting. Ini cuma saya lho yang bermasalah semoga yang lain tidak. Bila anda ingin mencari solusi Permasalahan yang anda alami terkait ini maka anda bisa visit alamat jejaring sosialnya di alamat sini

Mengapa saya lakukan demikian..? maksud saya menggunakan data Dapodik..?
Pertimbangan saya seperti ini Shob.
  1. Data yang ada pada Dapodik Sudah saya gunakan sejak 3 tahun terakir ini, jadi keakuratan dan kesahihanya sudah dapat saya pertanggung jawabkan karena selama itu lah PTK kami yang sudah sertifikasi dalam hal pencairan tunjanganya.
  2. Saya takut salah ketik berupa angka angka yang ada, karen di kemudian hari saya tidak mau terulang seperti kejaidan yang pernah di alami teman saya. 
  3. Namun bila anda memang sudah terbiasa input angka angka yang seperti itu.. yaaa tinggal ketik aja manual.....! heheheh
Demikian yang dapat saya share. kalo ada yang kurang pas ataupun menyinggung pihak pihak lain saya minta maaf.
Carilah Panduan yang menurut anda dianggap paling valid, terutama mengenai Jalur Sertifikasi.

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Cara verval NRG versi saya"

  1. Trick dan cara ini hanya Bisa di pergunakan Oleh Operator Sekolah yang telah/sedang mengerjakan Aplikasi DAPODIKDAS dan DAPDIKMEN. Jadi Selain Itu ya tidak bisa.

    ReplyDelete
  2. blom ngerti maksudnya mas.. Verval NRG itu apa??? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seep gan.. itu Khusus bagi Guru yang sudah Sertifikasi/ sudah memiliki Sertifikat sebagai Guru Profesional gan, nah dari Sertifikasi ini lah guru tersebut Punya Nomor Register Guru NRG sebagai sarat pencairan tunjangan Sertifikasi.. gitu gan..

      Delete
  3. baru tahu gw kalau guru musti ada sertifikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip gan padahal itu sudah lama lho, tentunya semua dengan syarat yang cukup banyak..!
      BDW trims gan Kunjunganya..!

      Delete
  4. Trima kasih atas infonya gan. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. kok ane pas Cek bagian VERVAL Nrg ga ada yang warna birunya gan.. hellp :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee Mbak, maaf, yang warna biru itu memang aplikasi lain, aplikasi DAPODIK. jadi ya beda dengan padamu. maksud saya saya menggunakan data yang ada di aplikasi dapodik sebagai referensi/Sumber yang di gunakan, karena kan data yang di inputkan di dapodik sudah di gunakan sebelumnya sebagai sayarat pencairan tunjangan Oleh P2TK. dan verval seperti ini/menggunakan data dapodik ini hanya bisa di lakukan oleh Operator sekolah. Ok, Trimakasih Kunjunganya ya bu..!

      Delete
  6. Terimakasih telah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat sekali
    di tunggu informasi selanjutnya, sukses terus

    ReplyDelete

[-] Silahkan Coment dengan Baik dan Sopan
[-] Maaf Link Aktif pada kolom komentar akan otomatis terganti dengan link www.wondhoez.web.id
[-] Coment berbau sara akan kami hapus
[-] Segala macam Promo dan Transaksi yang ada di Kolom Komentar Bukan Tanggung Jawab Kami

Terimakasih.