Kemiskinan dan Penyebabnya

Apa arti Miskin..? Kemiskinan adalah ketidak mampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup seperti pangan / makanan, sandang / pakaian, Papan / tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan. Penyebab dari Kemiskinan itu sendiri biasanya dikarenakan kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar pokok, atau susahnya akses terhada pemenuhan kebutuhan pekerjaan  dan pendidikan. Kemiskinan ini masih menjadi masalah global. Kebanyakan orang memahami istilah kemiskinan ini secara komparatif dan  subyektif, Sementara lain nya melihatnya dari sisi moral dan evaluatif, yang telah mapan memahami Kemiskinan dari sudut ilmiah.
Jumlah penduduk miskin tahun 2015 diperkirakan mencapai 30,25 juta orang atau sekitar 12,25 % dari jumlah penduduk Indonesia. 
Apa arti Miskin, Faktor Penyebab Kemiskinan, Jumlah penduduk miskin tahun 2015, Solusi Pemecahan Kemiskinan,

Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kenaikan harga BBM, hal ini terjadi lantaran semua harga kebutuhan dasar turut merangkak naik sejalan dengan Biaya operasional yang di keluarkan para Pedagang.
  2. Melemahnya nilai Rupiah terhadap Dolar serta mata uang asing lainya.
  3. PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) 

“Berdasarkan kajian, kolaborasi ketga faktor tersebut bisa menambah angka kemiskinan sebesar satu persen”. Kata Presdir Dompet Dhuafa Ahmad Juwain

Jumlah presentase penduduk miskin di Indonesia Berdasarkan data BPS tahun 2014 mencapai 11,25 %  atau 28,28 juta jiwa. Tahun 2015 penambahan penduduk miskin sekitar 1,9 juta jiwa.(republika.co.id)


Jadi mari berfikir, apakah kita tergolong miskin, agak miskin ataukah rawan miskin atau bahkan sangat Miskin. Setelah membaca artikel di atas hendaknya kita bias berfikir bagai manakah seharusnya kita menempatkan diri di masaraka, mengatur keluar masuknya dana belanja kita supaya kita tidak turut andil dalam menymbang jumlah angka kemiskinan di Indonesia.
Ciptakan lapangan Pekerjaan bagi kita sendiri atau bahkan keluarga serta Orang lain yang membutuhkanya. Insya allah, allah swt selalu akan bersama orang orang yang mau bekerja, berusaha serta berdoa… amiin.

Follow my blog with Bloglovin

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Kemiskinan dan Penyebabnya"

  1. zaman sekarang yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin aduuuuuuh -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus pilih mana kaya tetapi sengsara hati dan miskin bahagia hati,

      Delete
    2. Yang Jelas tentunya semua akan memilih Kaya bahagia dan hati tenag ya mbak... itu memang cita cita... :D

      Delete
  2. Udah Miskin harta, hatinya miskin juga, ini baru namanya musibah

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas info ttg Kemiskinan dan Penyebabnya,yang membutuhkan informasi kuliah di Universitas Surabaya berikut link nya:
    Ubaya

    ReplyDelete
  4. penyebab kemiskinan diIndonesia adalah kebodohah,dan kemalasan orang indonesia sendiri

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Excellent information on your blog, thank you for taking the time to share with us. Amazing insight you have on this, it's nice to find a website that details so much information about different artists. bandarq

    ReplyDelete
  8. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing websites that understand the value of providing a quality resource for free. It is the old what goes around comes around routine. bandarq

    ReplyDelete

[-] Silahkan Coment dengan Baik dan Sopan
[-] Maaf Link Aktif pada kolom komentar akan otomatis terganti dengan link www.wondhoez.web.id
[-] Coment berbau sara akan kami hapus
[-] Segala macam Promo dan Transaksi yang ada di Kolom Komentar Bukan Tanggung Jawab Kami

Terimakasih.