Sambutan Mendikbud Hari Pertama Sekolah Tahun Ajaran 2015/2016


GAMBAR LAMBANG NEGARA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA

SAMBUTAN
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI

Pada Upacara Bendera Hari Pertama Sekolah Tahun Ajaran 2015/2016

Hari ini  adalah hari istimewa bagi kita semua. Kita mengawali hari dengan  berkumpul bersama di halaman ini. Kita bersama-sama melaksanakan upacara bendera, menyanyikan lagu kebangsaan kita, menghormat  bendera  sembari  berbaris  rapi  sebagai  satu  komunitas  sekolah  yang  sama.  Hari ini istimewa karena inilah hari pertama kita pada tahun ajaran 2015/2016 ini.

Pada hari pertama sekolah  ini pula, upacara yang sama ini digelar di setiap sekolah di seluruh penjuru negeri  kita  tercinta  ini.  Pada  hari  ini  kalian  berdiri  rapi  bersama  saudara-saudara sebayamu  dari Sabang sampai Merauke  melaksanakan upacara hari pertama memasuki tahun ajaran baru. Semua berseragam rapi, menghormati bendera yang sama, sang dwi warna, menyanyikan lagu kebangsaan yang sama, Indonesia Raya. 

Hari ini kita bukan sekadar berkumpul di lapangan. Panjang barisan kalian kalau bergandeng tangan sambung-menyambung akan menghubungkan Kota Sabang di Pulau We hingga Kota Merauke di Papua,  yang  panjangnya  8.514  km,  hingga  4  kali.  Berkumpulnya  kalian di  hari  ini  adalah juga mengirim pesan  bahwa barisan besar ini adalah barisan anak bangsa yang sedang bergerak bersama mendorong kemajuan dan menyongsong masa depan gemilang untuk negeri ini. 

Bagi para siswa semua yang saya cintai dan banggakan, di tahun ajaran baru ini, perbaruilah semangat kalian. Belajarlah dengan kesungguhan. Tuntaskanlah setiap pelajaran, terlibatlah dalam kegiatankegiatan di sekolah, berlatihlah untuk bisa memimpin dan dipimpin.

Kalian adalah pemilik masa depan Republik tercinta ini. Kalian tidak hanya sekedar pewaris, tapi di tangan  kalianlah  masa  depan  bangsa  ini  berada.  Masa  depan  negeri  ini  ada  di  genggaman anda sekalian! Namun masa depan gemilang tak datang dengan sendirinya, tapi harus diraih melalui kerja keras dan perjuangan, dimulai dari bangku sekolah ini. Pesan saya adalah  tinggikan mimpimu, citacitamu,  lalu  kerja  keraslah,  berdoa  dengan  kesungguhan  lalu  targetkan  pada  dirimu  bukan hanya berusaha untuk meraih cita-citamu, tapi kalian harus bisa melampaui cita-citamu itu.

Bagi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan yang saya hormati dan banggakan, anak-anak didik yang hadir disini adalah amanah dari orang tua dan bangsa. Mereka percayakan pada Ibu dan Bapak untuk mendidik, mencerdaskan dan mencerahkan mereka. 

Bagi sebagian Guru, hari ini adalah hari pertama bertugas di kelas baru,  mata pelajaran baru atau bertemu dengan siswa-siswa baru. Demikian juga bagi Kepala Sekolah, ini adalah hari pertama menyambut siswa-siswa yang masuk dari jenjang paling bawah. Jangan biarkan upacara setiap Senin ini menjadi sekadar kegiatan seremonial, tapi harus menjadi wahana bagi seluruh warga sekolah untuk berinteraksi secara reguler dan menjadi wahana bagi Kepala Sekolah untuk memberikan paparan dan arahan bagi seluruh warga sekolah secara rutin. 

Mari bersama-sama kita tingkatkan kualitas pendidikan kita dengan menyadari bahwa bukan hanya para  siswa,  tetapi  kita  semua  harus  bisa  dan  harus  tetap  menjadi  pembelajar. Mari kita tumbuh kembangkan anak didik kita bukan saja untuk meraih angka-angka tinggi di tiap mata pelajaran, tapi mari  kita berikan pada mereka keteladanan dalam berbudi pekerti dan kita tumbuhkan karakter kepemimpinan mereka. Mari kita kembangkan budaya sekolah yang bisa menumbuhkan kemampuan berpikir  kritis, berkomunikasi efektif, bekerja sama dan berkreativitas bagi semua anak didik kita. Mulai hari ini, mari kita kuatkan jalinan silaturahmi sekolah dengan keluarga melalui interaksi yang baik dan rutin antara Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Orang Tua/Wali. Mari kita kembangkan semua itu melalui kegiatan intra-kurikular, ekstra-kurikuler maupun kegiatan non-kurikuler.
Republik ini membutuhkan generasi baru yang bisa menjawab dan memenangkan tantangan di jamannya nanti.

Karena itu pulalah, hari ini adalah saat yang tepat untuk memulai babak baru bagi kita semua. Ini saat bagi kita untuk membentuk sekolah menjadi taman, menjadi ekosistem pendidikan yang penuh tantangan tapi menyenangkan bagi semua warganya. Siswa senang belajar di sekolah, guru-guru tulus dan gembira dalam mendidik serta menginspirasi, Kepala Sekolah yang bersemangat membangun budaya baik di sekolahnya serta membina warganya.

Ini juga kesempatan bagi kita untuk memulai pembiasaan dalam ekosistem sekolah ini. Saat kita menumbuhkan  kebiasaan-kebiasaan baik yang akan menjadi karakter dan budaya warganya.  Mari biasakan  lakukan  hal  baik,  mari  kerjakan  dengan  rutin,  karena  apa  yang  kita  biasakan  akan membentuk budi pekerti kita.

Perlu diingat bahwa budi pekerti ini bukan hanya tentang siswa, tapi juga budi pekerti dari kita semua di dunia pendidikan; termasuk budi pekerti dari seluruh warga sekolah, dari Siswa, Guru, Kepala Sekolah dan Tenaga Kependidikan lainnya.

Dalam usaha penumbuhan budi pekerti ini, mari kita libatkan orangtua secara dekat, karena Orangtua dan Guru adalah mitra yang perlu bergandengan tangan saat menuntun tumbuh kembang siswa. Jangan lupakan pula pelibatan masyarakat dalam proses pendidikan di sekolah. Jangan jadikan sekolah sebagai ruang tertutup, namun bukalah satu dindingnya kepada luasnya kenyataan yang ada di masyarakat. Ajak berbagai elemen masyarakat untuk ikut berbagi kepada  siswa di sekolah dan ajak siswa terlibat aktif dalam kehidupan masyarakat di sekitar sekolah.

Mari kita niatkan ikhtiar ini sebagai langkah awal untuk menumbuhkan siswa kita menjadi anak-anak pembelajar.  Langkah  pertama  di  tahun  ajaran  ini  bagi  Kepala  Sekolah  dan  Guru  untuk menjadi teladan sepanjang tahun. Dan bila kita terus bekerja dengan semangat yang sama di sepanjang tahun dan  diikuti  tahun-tahun  berikutnya,  maka  kita  semua  sedang  bergerak  cepat membentuk  bangsa kokoh.

Para  siswa  yang  sedang  berdiri  di  lapangan  ini  adalah  putra-putri bangsa  yang  akan memimpin Indonesia saat kita merayakan  100 tahun Indonesia Merdeka. Izinkan anak-anak kita tumbuh semua potensinya, menjadi yang terbaik dari dirinya, dan kelak mereka bisa bersama-sama menjadi generasi baru, pembuat Indonesia jadi negeri maju, sejahtera yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyatnya.

Selamat berjuang sepanjang satu tahun ke depan!

Salam hangat dan hormat dari seluruh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Anies Baswedan


File Asli Sambutan di atas dapat di Unduh dengan 


Sumber : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sambutan Mendikbud Hari Pertama Sekolah Tahun Ajaran 2015/2016"

  1. KITA GAME KARTU ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA
    MEMPUNYAI PERMAINAN:
    POKER-DOMINO-BANDARQ-LIVE CASINO-BACCARAT-SLOT MESIN-BOLA-SABUNG AYAM-ROULETTE
    DI DUKUNG OLEH 6 BANK TERBESAR INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON - CIMB
    PROMO LASKARQQ :
    * BONUS AJAK TEMAN 5%
    * BONUS ROLLINGAN 0.2%
    * BONUS REFERALL 30%
    * MINIMAL DEPOSITE & WITHDRAW Rp.20.000
    DAN JANGAN LEWATKAN PROMO MEJA KEMENANGAN ,KARTU BAGUS,DAN VIP ROOM
    CONTACT FOR INFO ;
    BBM : 33427CD2
    DIBANTU SHARE YA UNTUK YANG BAIK HATI

    ReplyDelete

[-] Silahkan Coment dengan Baik dan Sopan
[-] Maaf Link Aktif pada kolom komentar akan otomatis terganti dengan link www.wondhoez.web.id
[-] Coment berbau sara akan kami hapus
[-] Segala macam Promo dan Transaksi yang ada di Kolom Komentar Bukan Tanggung Jawab Kami

Terimakasih.